Cara Membuat Lembar Kerja MS Excel


Pembuatan lembar kerja dengan excel yang baik dan benar,
MS Excel merupakan salah satu program pengolah data yang berupa angka dan lembar kerja yang terdiri dari workshet (Lembar Kerja). Jika pernah mempelajari Ms word maka untuk mempelajari Microsoft tidak lah terlalu sulit karena MS Excel menu yang di sediakn tidak jauh berbeda dengan Word.

A. Bekerja Dengan Menggunakan Ms.Exel
1. Membuat buku kerja baru
a. Klik menu file, pilih new page.
b. Klik blank workbook
2. Memasukan data di sel Lembaran Kerja Ms.Excel
Aktifkan sel dengan cara mengklik lalu isikan data lalu tekan Tab atau Enter.
3. Menyimpan buku kerja.
Klik perintah save, atau juga bias menggunakan Ctrl+S di keybord. Lalu pilih folder penyimpanan, pada kotak file name, ganti dengan nama yang anda inginkan, klik tombol Save.
4. Memformat kolom dan baris
Hal ini dimaksudkan untuk memperoleh lembaran kerja sesuai dengan data-data yang ada di dalamnya.
5. Mengatur tampilan data dalam sel
a. Mengatur tanda decimal dan ribuan
Tanda pemisah decimal dan ribuan berbe-beda di untuk setia Negara, contoh amerika,inggris dan Australia misalnya menggunakan tanda titik(.) sebagai tanda decimal dan tanda koma (,) sebagai pemisah bilangn ribuan.
Indonesia dan jerman menggunakan tanda titik(.) sebagai tanda pemisah untuk pemisah bilangan ribuan dan tanda koma(,) sebagai tanda bilangan decimal.
b. Memfotmat sel dengan angka berupa bilangan
Cara memformat sel dengan table bialangan adalahsebagai berikut.
1. Pilihlah sel yang akann di format.
2. Dari menu format klik cells. Lotal dialog format akan ditampilkan.
3. Klik tab number.
4. Pada kotak kategori pilihlah tipe data number.
5. Pad bagian decimal places , masukan jumlah angka di belakang koma yang di inginkan
6. Beri tanda cek pada kotak cek use 1000 bila kita ingin ada tanda pemisah bilangan ribuan.
7. Pada kotak data negative numbers, pilihlah bentuk penulisan bilangan negative yang kita inginkan.
8. Klik tombol OK.
c. Memformat data dengan format uang
Caranya adalah sebagai berikut.
1. Pilihlah cell yang akan di format.
2. Klik tab number
3. Pada kotak category, pilihlah Currency
4. Pada kotak pilihan symbol, piliih lah simbil mata uang yang ingin digunakan.
5. Pada afta pilihan neggativ namber. Pilihlah format untuk data yang berupa bilangan negative.
6. Klik OK.
d. Memformat data waktu
1. Pilihlah cells yang akan di format .
2. Dari menu format, klik cells. Kotak dialog format cells akan di tamplakan.
3. Klik tab number
4. Pada kotak category pilihlah Time.
5. Pada kotak daftar type penulisan waktu yang ingin kita gunakan.
6. Klik tombol OK.
e. Memformat data tanggal
1. Pilihlah sell yang akan di format
2. Klik tab number
3. Pada kotak category pilihlah Date.
4. Klik OK.
B. Mencetak Lembar Kerja
a. Menggunakan print priview
Tampilan lembaran kerja di layar monitor tidaklah sama dengan tampilan lembaran kerja pada saat di cetak di printer.
b. Mengatur urutan pencetakan.
1. Klik lembaran kerja ingin yang akan dipriintkan.
2. Dari menu file, klik page setup, kotak dialog, page setup akan di tampilakan.
3. Klik tab sheet.
4. Pada bagian page Order, pilih.
a) Down, the order: bila kita ingin urutan pencetakan table di bagian bawah dulu baru kemudian table di sebelah kanan.
b) Over, then Order: bila kita ingin urutan pencetakan ke table, sebelah kanan dulu baru ke table bagian bawah.
5. Klik tombol print
c. Mencetak area tertntu
d. Microsoft Excel akan membagi sendiri lembaran kerja kita pada saat kita melakukan pencetakan. Mencetak area lembar kerja juga memugahkan kita untuk tidak mengikutkan bagian lembaran kerja yang ingin ikut dicetak.
Caranya adalah sebagai berikut
1) Klik lembaran kerja yang ingin di print.
2) Darki menu file klik page setup. Kotak dialog page setup akan di tampilkan.
3) Klik tab sheet.
4) Klik tombol bagian kanan kotak isian print area.
5) Pilih sell data yang ingin fi cetak.
6) Kita dapat mengklik Preview untuk melihat tampilan cetakan.
7) Klik tombol Print

About these ads

2 gagasan untuk “Cara Membuat Lembar Kerja MS Excel

  1. Pada saat kita membuka aplikasi MS.Excel. MS.Excelnya muncul, tapi halaman lembar kerjanya tidak muncul, harus kita lakukan dengan cara manual. yang saya mau tanyakan, bagaimana menyetting lembar kerja pada MS.Excel agar pada saat kita buka aplikasi MS.Excelnya, maka lembar kerja pada MS.Excel juga langsung muncul.?
    Makasi…

    • tidak bisa gan, kalau mau langsung ke lembar kerja terakhir agan bisa masuk ke menu file lalu pilih recent,, nah disana banyak file lembar kerja terakhir yang agan buka..
      trimss

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s