Versi android 1.1 sampai 4.1 (Jelly bean)


Versi Android
Telepon pertama yang memakai sistem operasi android adalah HTC Dream, yang diliris pada 22 Oktober 2008. Pada penghujung tahun 2010 diperkirakan hampir semua vendor seluler di duniamengunakan Androi sebagai operating system. Adapun versi-versi Android yang perna diliris adalah sebagai berikut:
• Android versi 1.1
Pada 9 Maret 2009, Google merilis Android versi 1.1. android versi ini di lengkapi dengan pembaruan estetis pada apliasi, jam, alaram, voice search (pencarian suara) pengirim pesan dengan Gmail, dan pemberitahuan email.
• Android Versi 1.5 (Cupcake)
Pada Pertengahan Mei 2009, Google kembali merilis telepon seluler dengan menggunakan Android sebagai OS nya dan SDK (Software Development Kit) Dengan versi 1.5. Terdapat Pembarauan termasukpenambahan beberapa vitur pada Android versi ini. Seperti meng upload video ke youtube dan gambar ke picasa langsung dari handphon.
• Android Versi 1.6 (Donut)
Namanya lucu ya,, kaya nama makanan. Donut ini diliris pada September dengan menampilkan proses pencarian yang lebih baik di banding sebelumnya, penggunaan baterai dan kontrol VPN juga sudah ada di dalamnya. Vitur lainya adalah galeri yang memungkinkan pengguna untukmemilih foto yang akan di hapus.
• Android Versi 2.0/2.1 (Éclair)
Pada 3 Desember 2009 kembali di luncurkan ponsel Android dengan versi 2.0/2.1, perubahan yang di lakukan adalah pengoptimalan hardware, peningkatan Google Maps 3.1.2, perubahan UI dengan browser baru dan dukungan HTML5, daftar kontak yang baru, dukungan flash untuk kamera 3,2 MP, digital Zoom, dan Bluo\etooth 2.1.
• Android Versi 2.2 (Frozen Yoghurt)
Pada bulan mei 2010 Android versi 2.2 froyo kembali di luncurkan . Android inilah yang ekarang banyak beredar di pasaran, salah satunya adalah dipakai s\di samasung FC tab yang sudah ada di pasaran. Fitur yang tersedia sudah kompleks di antaranya adalah:
o Kerangka aplikasi memungkinkan penguna dan penghapusan komponen yang tersedia.
o Dalvik Virtual Machine dioptimalkan penggunaan dan penghapusan.
o Grafik: grafik di 2D dan grafis 3D berdasarkan liberaries OpenGL.
o Mendukung media: audio, video, dan berbagai format gambar (MPEG4, H.264, MP3, AMR, JPG, PNG, GIF)
o GSM, Bluetooth, EDGE, 3G, dan WIFI (hardware independent)
o Kamera, Global positioning system (GPS) kompas, dan accelerometer (tergantung hardware)
• Android Versi 2.3 (Gingerbread)
Android versi 2.3 diluncurkan pada desember 2010, hal-hal yang direvisi dari versi sebelumnya adakah kemampuanya seperti berikut:
o SIP-based VoIP
o Near Field Communications (NFC)
o Gyroscoper dan sensor
o Mixale audio effe cts
o Download manager
Demikian beberapa versi android yang sudah diliris sampai dengan ini ditulis, kemungkinan besar versi tersebut akan terus berkembang seiring dengan bertambahnya kebutuhan yang sangat kompleks dibidang penggunaan smartphone. Untuk mendapatkan informasi versi terbaru Android ada dapat melihat di http://www.developer.android.com

–>>> android 4.0 Ice Cream Sandwich

android 4.0 Ice Cream Sandwich

“Orang perlu Android … tapi orang tidak suka Android,” kata Matias Duarte, direktur pengalaman pengguna OS Android, menjelaskan mengapa yang paling populer di dunia OS smartphone diperlukan desain ulang penuh. Ice Cream Sandwich Android resmi diberi label 4.0, adalah perbaikan dari versi sebelumnya. Dan hasilnya mengagumkan.

Android pengembang menempatkan kepala mereka bersama-sama untuk mencari cara untuk memperbaiki sistem operasi, dan muncul dengan tiga arahan. “Mempesonakan saya, Sederhanakan hidup saya dan Buat saya mengagumkan.”

Dengan kata lain, dengan mengamati apa yang sebenarnya bekerja pada iPhone dan sistem operasi Windows Telepon, dan apa yang tidak bekerja pada Android, tim pengembangan mobile Google membuat perbaikan besar-besaran di seluruh papan, dan berfokus pada pembuatan pengalaman yang konsisten di mana pun Anda berada dalam lingkungan. Bukan lagi campur aduk perintah jelas dan layar canggung.

Layar: Sekarang layar telepon mendapat Honeycomb gaya widget, terlihat pada tablet Android. Dan lebih baik dari pada Honeycomb, Anda bisa mengubah ukuran widget cara apapun yang Anda suka, sehingga pengguna Android tidak perlu memasang dengan kesenjangan menyakitkan di layout layar awal.
Ikon aplikasi dapat diseret ke dalam folder, seperti sebuah IOS sih. Tapi Ice Cream Sandwich satu pemikiran dengan iPhone dengan membiarkan Anda menempatkan orang-orang (atau setidaknya panggil cepat pintas) ke dalam folder juga, dan bahkan menempatkan orang dalam baki favorit.

Pemberitahuan: Android sudah memiliki sistem pemberitahuan lebih baik dari yang lain – nampan pull-down yang sepertinya terinspirasi yang sekarang ditemukan di IOS 5. Tapi mereka membuat lebih baik, membiarkan Anda mengibaskan jauh pemberitahuan yang tidak peduli, sehingga Anda dapat menyimpan hanya yang penting untuk nanti. Anda bisa mengintip ke dalam pemberitahuan dari lockscreen juga.

Keyboard: Ada keyboard baru, dengan inline periksa ejaan, dan cara yang halus untuk memotong, menyalin, menempel dan bahkan menyeret teks, untuk input mudah dan manipulasi.

Tampilan Layar: Sudah menghapus tinjauan telepon bahwa kita tidak dapat berbagi screenshot Android sederhana, cara kita dapat pada perangkat IOS. Nah, sekarang Android memiliki kemampuan layar yang sama persis, dengan animasi Polaroid kecil yang lucu untuk menyoroti tindakan.

Tampilan Pembuka: Ice Cream Sandwich yang tahu apa yang Anda terlihat seperti, dan ia tahu bahwa teman Anda tidak Anda juga. Sayangnya, dalam demo, sangat berhati-hati tidak membiarkan pemilik membuka kunci, jadi ada kemungkinan metode cadangan untuk masuk ke telepon Anda.

Browser: Daripada tab horizontal, browser baru memegang 16 tab halaman terbuka, ditumpuk secara vertikal, yang dapat Anda membolak-balik, dengan preview hidup. Jika Anda pada perangkat tablet atau lebih besar-disaring, Anda dapat menekan terus untuk meminta versi desktop dari website, tanpa meraba-raba untuk sendiri situs link “full version”.

–>>> Android Terbaru – Android Jelly Bean

Android_jelly_bean

Android kembali akan merilis OS terbaru nya yang rencana akan diberi nama Android Jelly Bean. Android Ice Cream Sandwich memang belum lama dirilis dan masih sangat sedikit handphone yang sudah mencicipinya, namun tidak ada salahnya bila kita membahas Android Jelly Bean versi selanjutnya yang rencananya akan dirilis tahun 2013.

Kali ini berkaitan dengan nama, sebelumnya sudah lama berkembang rumor nama yang akan digunakan Google untuk versi Android 5.0 adalah “Jelly Bean“. Indikasi paling baru ialah kehadiran mangkok berisi hidangan jelly bean di stand Google pada ajang MWC.

Dan kali ini Asus, salah satu partner Google yang tergolong cepat dalam memberikan update Android ke handphone yg mereka produksi, lewat Vice President-nya Benson Lin secara tidak sengaja mengkonfirmasi nama “Android Jelly Bean” kepada Techradar.
Asus sangatlah dekat dengan Google, jadi saat mereka telah merilis Android 5.0, saya pikir besar kemungkinan bahwa kamilah yang akan pertama kali memberikan update Jelly Bean ke konsumen,
Bila hal tersebut benar adanya, ini akan meneruskan tradisi Google yang selalu memberi nama versi Android dengan nama hidangan makanan yang urut sesuai dengan abjad. Bahkan sudah beredar rumor juga nama yang dipakai untuk versi setelah Jelly Bean adalah Key Lime Pie. Kita tunggu saja kehadiran OS Terbaru Android Jelly Bean.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s