Ms.Excel dan Ms.Word


APLIKASI KOMPUTER

Disusun Oleh:
Nama : Sismantoro
Kelas : SI 12 A
NIM : 12.12.0036

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER (STMIK) AMIKOM
PURWOKERTO
2 0 1 2
Microsoft Word

A. Menginstal Program Microsoft Word 2003
Untuk dapat mengoprasikan program Microsoft Word, Seharusnya di dalam PC kalian sudah terinstalasi program tersebut, Apabila di dalam PC belum mendapat program tersebut, kita dapat menginstal terlebih dahulu.
Microsoft Word biasanya terangkum di dalam satu paket program Microsoft Office dengan Microsoft Power Point, Microsoft Publisher, Microsoft Outlook, dll.
Untuk menginstal Microsoft Word, Lakukan cara di bawah ini.
1. Massukan CD instalasi Microsoft Office ke dalam Drive CD room. Pada umumnya CD program mempunyai fasilitas autorun, yaitu fasilitas yang mampu membuka program instalasi secara otomatis. Apabila fasilitas aatorun berjalan kita dapat melewati uraian pada langkah nomor 2 (langsung menuju langkah ke 5).
2. Apabila fasilitas autorun tidak tersedia, klik start Run, sehingga akan muncul kotak dialog Run.
3. Klik tab browse sehingga muncul kotak dialog browse, kemudian carilah setup.wxw di dalam CD program Microsoft Office.
4. Klik tabOpen untuk kembali ke kotak dialog Run dan lanjutkan dengan mengklik OK sehinga muncul jedela instalasi program Microsoft Office.
5. Di dalam jendela instalasi program Microsoft Office, ikuti petunjuk di dalamnya, seperti mengisikan data kita, menyutujui perjanjan yang di tawarkan, dan yang laiannya.
6. Setelah progam terinstal di dalam PC, restart computer kita.

B. Persiapan Mengoperasikan Microsoft Word

1. Mengaktifkan Microsoft Word
Langkah-langkah untuk menjalankan program Microsoft Word adalah sebagai berikut
a. Nyalakan computer
b. Klik tombol start, program, kemudian klik program aplikasi Microsoft Word
c. Logo Microsoft Word akan di tampilkan dan tunggu sampai jendela progam Microsoft Word ditampilkan.
2. Pengenalan Area kerja Microsoft Word
Area kerja pada Microsof Word, Beserta pada elemen pada layar monitor antara lain:
a. Menu Bar, Yaitu baris yang memuat sekumpulan perintah yaitu, File, Edit, View, Insert , Format, Tools, Table, Window, dan Help.
b. Toolbar, yaitu baris yang memuat sekumpulan ikon.\
c. Ruler Line(mistar), yaitu untuk pengaturan tabulasi, masuknya awal paragraph ,dan margin (batas pengetikan). Ada dua jenis Ruler Line yitu Horisontal dan Vertikal. Untuk menapilkan mistar tersebut lakukan perintah dengan mengklik menu View, dan pilih Ruler.
d. Status Bar, terletak pada bagian bawah layar kerja Microsoft Word. Setatus Bar berisi informasi mengenai halaman yang sedang berjalan, antara lain nomor halaman, nomor seksi, baris, kolom, dll.
e. Scroll Bar (Baris Penggulung, yaitu baris pada sisi kanan monitor yang berfungsi untuk melihat bagian monitor di atas dan di bawah.
f. Kursor, Berbentuk garis vertical yang senantiasa berkedip-kedip, setiap karater yang kita ketik akan muncul pada posisi ini.
3. Menu Microsoft Word dan Fungsi

Microsoft Word memiliki menu sebanyak 9(Sembilan) yaitu File, Edit, View, Insert, Format, Tools, Table, Window, dan Help.
a. Menu File
Submenu: New Open, Close, Save, Save As, Save As Web Page, Version,Web Page Preview, Print, Send to, Properties, dan Exit.
b. Menu Edit
c. Menu View
SubMenu: Format, Web Lay Out, Print Lay Out, Outline, Toolbar, Ruler, Document Map, Header and Footer, Footnotes, Comments, Full Screen, dan Zoom.
d. Menu Insert
SubMenu: Break, Page Numbers, Date and Time, Autotext, Field, Symbol, Comment, Footnote Caption, Cross-Reference, Index and Tables, Picture, Text box, File Object, Bookmark, dan Hyperlink.
e. Menu Format
SubMenu: Font, Paragraph, Bullets andNumbering, Borders and Shanding, Columns, Tabs, Drop Cap, Text Direction, Change Case, Beckground, Theme, Frames, Autoformat, style, dan Object.
f. Menu Tools
Sub menu: spailling and grammer, Language, Word curt, Auto sum marisse, Autokorek, track Change, Marge Dokumen, Protect Dokumen, Online Kolaboration, Mail Marge, Envelope And labels, Letter, Wizard, Macro, Templated, and Add-Ins, Customize and Options.
g. Menu Table
Submenu: Draw Table, Insert, Delete, Select, Marge cells, Split table, Table autoformat, Autofit, Hading Row repeat, Convert, Sort, Formula, Hide, Gridlines, dan Table properties.
h. Menu Window
Submenu: New Window, Arange All, dan Split.
i. Menu Help
Submenu: Microsoft Word Help, Show Office Assistant, What’s this?, Office on the Web, dan About Microsoft Word.

Microsoft Excel

A. Menjalankan Microsoft Excel
1. Mengetikan Microsoft excel
Memualai aplikasi Excel sama seperti memulai aplikasi windows yang lain.
a. Klik tombol start.
b. Pilih program atau all program
c. Klik Microsoft Excel
d. Kemudian jendela Microsoft Excel akan di tampilkan pada layar monitor.
2. Pengenalan Area Kerja Ms.Excel
a. Bar judul
Bar judul berfungsi untuk menampilkan nama program kerja yang sedang dibuka.
b. Control jendela
Control jendela berfungsi untuk mengatur tampilan jendela Excel.
c. Bar Menu
File, Edit, View, Insert, Format, Tools, data, Window, Help.
d. Tool Bar
Tool Bar berisi Spailling and grammer, Language, Word curt, Auto sum marisse, Autokorek, track Change, Marge Dokumen, Protect Dokumen, Online Kolaboration, Mail Marge, Envelope And labels, Letter, Wizard, Macro, Templated, and Add-Ins, Customize and Options

e. Lembaran Kerja
Lembaran kerja Microsoft Excel berbentuk table yang terdiri atas kolom-kolom dan baris-baris.
f. Bar Nama
Bar nama berfunsi untuk menampilkan nama set yang aktif.
g. Bar Rumus
Bar Rumus Berfungsi untuk memasukan atau mengetik data atau rumus di grafik.
h. Kontrol Buku Kerja
i. Task Pane
Memuat daftar perintah yang biasa digunakan.
j. Scorll Bar vertical
k. Scroll Bar Horizontal
l. Tab lembaran kerja
m. Control lembaran kerja

B. Bekerja Dengan Menggunakan Ms.Excel
1. Membuat buku kerja baru
a. Klik menu file, pilih new page.
b. Klik blank workbook
2. Memasukan data di sel Lembaran Kerja Ms.Excel
Aktifkan sel dengan cara mengklik lalu isikan data lalu tekan Tab atau Enter.
3. Menyimpan buku kerja.
Klik perintah save, atau juga bias menggunakan Ctrl+S di keybord. Lalu pilih folder penyimpanan, pada kotak file name, ganti dengan nama yang anda inginkan, klik tombol Save.

4. Memformat kolom dan baris
Hal ini dimaksudkan untuk memperoleh lembaran kerja sesuai dengan data-data yang ada di dalamnya.
5. Mengatur tampilan data dalam sel
a. Mengatur tanda decimal dan ribuan
Tanda pemisah decimal dan ribuan berbe-beda di untuk setia Negara, contoh amerika,inggris dan Australia misalnya menggunakan tanda titik(.) sebagai tanda decimal dan tanda koma (,) sebagai pemisah bilangn ribuan.
Indonesia dan jerman menggunakan tanda titik(.) sebagai tanda pemisah untuk pemisah bilangan ribuan dan tanda koma(,) sebagai tanda bilangan decimal.
b. Memfotmat sel dengan angka berupa bilangan
Cara memformat sel dengan table bialangan adalahsebagai berikut.
1. Pilihlah sel yang akann di format.
2. Dari menu format klik cells. Lotal dialog format akan ditampilkan.
3. Klik tab number.
4. Pada kotak kategori pilihlah tipe data number.
5. Pad bagian decimal places , masukan jumlah angka di belakang koma yang di inginkan
6. Beri tanda cek pada kotak cek use 1000 bila kita ingin ada tanda pemisah bilangan ribuan.
7. Pada kotak data negative numbers, pilihlah bentuk penulisan bilangan negative yang kita inginkan.
8. Klik tombol OK.
c. Memformat data dengan format uang
Caranya adalah sebagai berikut.
1. Pilihlah cell yang akan di format.
2. Klik tab number
3. Pada kotak category, pilihlah Currency
4. Pada kotak pilihan symbol, piliih lah simbil mata uang yang ingin digunakan.
5. Pada afta pilihan neggativ namber. Pilihlah format untuk data yang berupa bilangan negative.
6. Klik OK.
d. Memformat data waktu
1. Pilihlah cells yang akan di format .
2. Dari menu format, klik cells. Kotak dialog format cells akan di tamplakan.
3. Klik tab number
4. Pada kotak category pilihlah Time.
5. Pada kotak daftar type penulisan waktu yang ingin kita gunakan.
6. Klik tombol OK.
e. Memformat data tanggal
1. Pilihlah sell yang akan di format
2. Klik tab number
3. Pada kotak category pilihlah Date.
4. Klik OK.

C. Mencetak Lembar Kerja
a. Menggunakan print priview
Tampilan lembaran kerja di layar monitor tidaklah sama dengan tampilan lembaran kerja pada saat di cetak di printer.
b. Mengatur urutan pencetakan.
1. Klik lembaran kerja ingin yang akan dipriintkan.
2. Dari menu file, klik page setup, kotak dialog, page setup akan di tampilakan.
3. Klik tab sheet.
4. Pada bagian page Order, pilih.
a) Down, the order: bila kita ingin urutan pencetakan table di bagian bawah dulu baru kemudian table di sebelah kanan.
b) Over, then Order: bila kita ingin urutan pencetakan ke table, sebelah kanan dulu baru ke table bagian bawah.
5. Klik tombol print
c. Mencetak area tertntu
d. Microsoft Excel akan membagi sendiri lembaran kerja kita pada saat kita melakukan pencetakan. Mencetak area lembar kerja juga memugahkan kita untuk tidak mengikutkan bagian lembaran kerja yang ingin ikut dicetak.
Caranya adalah sebagai berikut
1) Klik lembaran kerja yang ingin di print.
2) Darki menu file klik page setup. Kotak dialog page setup akan di tampilkan.
3) Klik tab sheet.
4) Klik tombol bagian kanan kotak isian print area.
5) Pilih sell data yang ingin fi cetak.
6) Kita dapat mengklik Preview untuk melihat tampilan cetakan.
7) Klik tombol Print

Sumber materi: 1. Materi Kuliah
2. http://tips-tekno-info.blogspot.com
3. Pengalaman

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s