Foreign Key dan Primary Key Di MySQL


Dalam relational basis data, terdapat istilah kunci utama (primary key) dan kunci tamu (foreign key). Tujuan utama dari adanya kedua istilah tersebut adalah pengidentifikasian tiap table dan kejelasan hubungan antara 2 atau lebih table. Primary key adalah satu atau beberapa kolom pada table yang mengidentifikasikan tiap kolom dan baris pada table tersebut. Sedangkan Foreign Key adalah satu atau beberapa kolom pada table yang merupakan primary key pada table satu namun diletakan pada table dimana tablenya berelasi dengan table dirinya.

Primary Key
Primary key merupakan suatu field atau kombinasi field yang secara unik mengidentifikasi sebuah record sekaligus membedakannya dengan record yang laini, digunakan untuk memebdakan 1 record dengan record lainnya. Syaratnya tidak boleh sama dan harus diisi. atau juga
Primary Key adalah field kunci / utama dari suatu tabel yang menunjukkan bahwa field yang menjadi kunci tersebut tidak bisa diisi dengan data yang sama, / dengan kata lain Primary key menjadikan tiap record memiliki identitas sendiri-sendiri yang membedakan satu sama lainnya (unik).

Diperkuliahan dipertanyakan definisi dan perbedaan primary key, foreign key, unique dan index. Tapi seperti biasa saya cma bisa diam, diotak sih ada sesuatu tapi sulit untuk menyampaikannya, tapi hasil googling semakin meyakinkan pendapat saya.
Dalam database (mysql) dikenal beberapa istilah yaitu primary key, foreign key, unique dan index. Menurut Om Wiki, Primary Key atau Unique Key merupakan kunci yang secara unik mengidentifikasi baris pada tabel. Primary Key atau Unique Key dapat diterapkan pada satu atau lebih field. Apabila primary key / unique key diterapkan pada satu atau lebih field maka pada field tersebut tidak boleh bernilai sama untuk seluruh baris pada tabel. Kemudian yang membedakan primary key dan unique key adalah setiap kita memberikan constraint primary key pada field maka constraint NOT NULL akan diberikan pada field tersebut secara otomatis, sedangkan pada unique key tidak.
Selain kedua istilah diatas, terdapat juga istilah foreign key. Dengan adanya foreign key dapat terlihat adanya hubungan antara satu tabel dengan tabel lain. Foreign key mengidentifikasi satu atau lebih kolom pada satu tabel (tabel referensi) mengarah dari satu atau lebih tabel lainnya (tabel induk). Dengan adanya constraint foreign key pada satu kolom maka data pada kolom tabel referensi harus terdapat pada tabel induk. Pada mysql 5.0, foreign key hanya dapat diterapkan pada tabel dengan type InnoDB namun pada versi selanjutnya dapat diterapkan juga pada MyIsam. Kemudian field dengan tipe BLOB atau TEXT tidak dapat diberikan contraint foreign key.
Untuk mengoptimasi database kita dapat menggunakan index, karena index mampu meningkatkan kecepatan operasi pada suatu tabel (terutama operasi SELECT). Pada mysql, index dan data dari suatu tabel tersimpan secara terpisah, dengan kata lain membutuhkan ruang penyimpanan yang lebih banyak, kesalahan pemberian index pada suatu kolom dapat memperlambat operasi pada suatu tabel, karena index dibaca terlebih dahulu untuk mendapatkan data. Gunakan foreign key pada kolom yang sering digunakan untuk pencarian data.

Foreign key adalah satu attribute yang melengkapi satu relationship yang menunjukan ke induknya.

Biasanya saya menyebut table yang berisi foreign key sebagai table anak karena table tersebut mengait pada table lain. Sedangkan table yang terkait saya sebut sebagai table induk. Pada contoh table di atas, mhs sebagai table anak sedangkan matkul sebagai table induk.

Pada MYSQL, kita harus menambahkan perintah ON DELETE [opsi] dan ON UPDATE [opsi]pada table yang mereferensikan foreign key. Opsi pada perintah tersebut jelasnya dibawah ini.
1. RESTRICT, Jika tabel anak berisi nilai dalam kolom yang mengkait yang nilainya sama dengan di kolom terkait pada tabel induk, baris dalam tabel induk tidak bisa dihapus, dan nilai di kolom terkait tidak dapat diupdate. Ini adalah opsi default jika klausa ON DELETE atau ON UPDATE tidak dispesifikasikan.
2. CASCADE, Baris-baris dalam tabel anak yang berisi nilai-nilai yang juga terdapat dalam kolom terkait dari tabel induk dihapus ketika barisbaris yang berkaitan dihapus dari tabel induk. Baris-baris dalam tabel anak yang berisi nilai-nilai yang juga terdapat dalam kolom terkait dari tabel induk diupdate ketika nilai-nilai yang berkaitan diupdate dalam tabel induk.
3. SET NULL, Nilai-nilai dalam kolom yang mengkait dari tabel anak diset ke NULL saat baris-baris dengan data terkait dalam tabel induk dihapus dari tabel induk atau ketika data terkait dalam tabel induk diupdate. Untuk menggunakan opsi ini, semua kolom-kolom yang mengkait dalam tabel anak harus mengijinkan nilai NULL.
4. NO ACTION Tidak ada aksi yang diambil dalam tabel anak ketika baris-baris dihapus dari tabel induk atau nilai-nilai dalam kolom terkait dalam tabel induk diupdate.
5. SET DEFAULT Nilai-nilai dalam kolom-kolom yang mengkait dari tabel anak diset ke nilai default mereka ketika baris-baris dihapus dari tabel induk atau kolom terkait dari tabel induk diupdate.
Ketika kita mendefinisikan foreign key dengan
FOREIGN KEY(id_matkul) REFERENCES matkul(id_matkul)
Maka perintah ON DELETE dan ON UPDATE nya ber-Opsi RESTRICT karena defaultnya dari references foreign key, yang artinya tidak boleh dihapus atau diupdate. Itulah yang menyebabkan error bila kita mendelete atau mengapdate table induk.
http://terusbelajar.wordpress.com/2009/11/13/foreign-key-di-mysql/

3 thoughts on “Foreign Key dan Primary Key Di MySQL

  1. Ping-balik: Tugas SQL 14/9/2015 | Software 2013

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s