Desine pada C# (label, RadioButton, ChekBox, Button, dll)


Sebelum mengenal Bahasa Pemrogrman saya sama sekali tidak paham apa itu java atau c++ atau c# saya kira dunia pemrograman hanya memiliki satu bahasa yaitu bahasa komputer, tetapi ternyata bahasa pemrogaman bermacam-macam, dan sekarang ini java dan C# lah yang merajainya,. hahaha, C# adalah matakuliah yang merepotkan, sekaligus membuat mual-mual karena tingkat kerumitannya di luar kewajaran, atau mungkin karena begroun saya sma, tapi apapun itu penyebabnya tetap saya anggap C# adalah bahasa yang merepotkan. cukup disini curhatnya langsung saja ke Masalah,.

VB

Pembuatan desain form, pada Visual Basic 2010

¨ Label
Objek Label digunakan untuk teks yang bersifat statis, label biasanya digunakan untuk memberi keterangan terhadap objek lain, ataupun judul pada form. Property yang biasa diubah pada label adalah :
Ø AutoSize, properti ini bernilai True atau False dan bernilai default True. Untuk membuat label yang besarnya sesuai dengan keinginan kita,maka nilai pada autosize kita ubah menjadi False
Ø BackColor, digunakan untuk memberikan warna latar pada label
Ø Text,, nilai dari properti text ini akan ditampilkan pada label
Ø TextAlign , properti ini digunakan untuk mengatur posisi teks. Pada properti ini terdapat tiga pilihan, yaitu taleftjustify digunakan untuk membuat teks merapat ke kiri, tacenter untuk membuat teks berada di tengah, dan tarightjustif yang digunakan untuk membuat teks merapat ke kanan
Ø Font, untuk membuka kotak dialog font. Pada kotak dialog font, kita dapat mengubah bentuk huruf, style, ukuran font

¨ Radio Button
Radio button digunakan untuk menampilkan tempat berbetuk bulatan yang dapat di klik. Pada bulatan ini pengguna dapat memilih salah satu dari beberapa pilihan (biasanya Radio Button digunakan untuk memilih salah satu dari beberapa pilihan). Radio Button mempunyai Properti Checked yang ber nilai true dan false. True menandakan Radio Button terpilih (Checked) dan false menandakan tidak terpilih (unchecked). Properti lainnya pada Radio Button adalah :
Ø Appearance, untuk menetukan bentuk tampilan dari Radio Button, pilihan pada properti ini ada dua, yaitu bulatan opsi dan button.
Ø Name, menentukan nama Radio Button.
Ø CheckAlign, digunakan untuk mengatur posisi bulatan dan teks pada Radio Button.
Ø FlatStyle, bentuk tampilan dari Rdio Button
Ø Text, teks yang akan ditampilkan pada Radio Button

¨ CheckBox
Check Box mempunyai kegunaan yang hampir sama dengan Radio Button, yaitu untuk memilih beberapa pilihan, berbeda dengan Radio Button yang hanya memilih satu pilihan, pada Check Box pengguana dapat memilih lebih dai satu pilihan. Properti, event pada Check Box hampir sama dengan Radio Button.
Ø Appearance, untuk menetukan bentuk tampilan dari CheckBox, yaitu dalam bentuk kotak ceklist atau berbentuk tombol..
Ø Name, menentukan nama CheckBox
Ø CheckAlign, untuk menentukan posisi teks terhadap kotak ceklist.
Ø CheckState, untuk status CheckBox pada saat form tampil.
Ø FlatStyle, bentuk tampilan CheckBox
Ø Text, teks yang akan ditampilkan pada CheckBox
Ø TextAlign, digunakan untuk pengaturan posisi teks pada CheckBox

¨ Button
Objek button adalah komponen yang dipakai untuk membuat button atau tombol yang akan melakukan suatu perintah atau kejadian pada saat komponen ini digunakan atau di klik. Property yang sering diubah pada button adalah :
Ø BackColor, digunakan untuk merubah warna latar pada Button
Ø Caption, digunakan untuk merubah teks pada button
Ø FlatStyle, digunakan untuk mengubah bentuk tampilan Button
Ø Image, digunakan untuk menambahkan icon atau image pada buton
Ø ImageBeforeText, property ini digunakan untuk pengaturan antara icon (image) dan teks pada button
Ø Text, untuk menampilkan teks pada Button
Ø TextAlign, Pengaturan posisi teks pada Button
Ø Name,Nama dari button

¨ TextBox
TextBox digunakan untuk teks yang bersifat dinamis, yang artinya datanya dapat berubah-ubah. TextBox biasanya digunakan untuk menerima input pemakai dalam bentuk satu baris teks. Kontrol ini juga dapat digunakan untuk menampilkan teks. TextBox memiliki sejumlah property dan event. Berikut ini property dan event yang biasa diapakai pada TextBox
Ø Enabled, properti ini digunakan untuk menentukan TextBox dapat diisi oleh pemakai atau tidak. Nilai pada property ini adalah true dan false. Bernilai true berarti TextBox ini dapat diisi pada saat program dijalankan, dan sebaliknya jika bernilai false kotak edit tidak dapat diisi.
Ø MaxLength, menyatakan jumlah karakter yang dapat dimasukkan ke dalam TextBox. Nilai defaultnya adalah 32767, jika kita ingin membatasi jumlah karakter, maka angka diatas kita ganti dengan jumlah karakter nya..
Ø Name, menyatakan nama dari textbox.
Ø PasswordChar, Biasanya digunakan untuk pemasukkan password. Property ini menyatakan karakter yang akan ditampilkan pada textbox, bila nilai pada propeeti ini tidak ada, maka karakter yang ditampilkan sesuai dengan karakter yang sesungguhnya.
Ø ReadOnly, biasanya digunakan untuk teks yang tidak dapat diubah apabila properti nya bernilai True. Untuk teks yang dapat dinput, maka nilai nya adalah false.
Ø Visible, digunakan untuk menyembunyikan textbox pada saat dijalankan.Bernilai true untuk menampilkan kotak edit, dan sebaliknya bernilai false untuk menyembunyikan textbox.
Untuk event yang biasanya terdapat pada kotak edit, adalah TextChanged yaitu pada saat kotak edit mengalami perubahan. Event lainnya adalah Enter yaitu pada saat textbox dilakukan penekanan tombol enter, KeyPress, yaitu pada saat sebuah tombol keyboard ditekan pada kotak edit, dan LostFocus yaitu kejadian pada saat kursor keluar atau dpindahkan dari textbox..

¨ Combo Box
Combo Box (kotak kombo) adalah Kontrol yang juga biasa dipakai untuk memilih satu dari sejumlah pilihan. Komponen ini menampilkan daftar pilihan dalam bentuk TextBox dan ListBox. Berikut adalah properti-properti yang biasa digunakan pada komponen ini
Ø Items, digunakan untuk menampilkan kotak String Collection Editor, yang digunakan untuk mengisikan daftar pilihan pada ComboBox
Ø Name, nama dari komponen ComboBox
Ø Sorted, digunakan untuk pengaturan item-item pilihan didalam ComboBox

¨ List Box
ListBox adalah Kontrol yang kegunaannya hamper sama dengan ComboBox, yaitu untuk menampilkan daftar pilihan dalam sebuah kotak list. Biasanya pada sisi kanan ListBox terdapat tombol panah ke atas dan panah ke bawah untuk memilih pilihan yang terdapat pada ListBox. Berikut ini property yang biasanya digunakan pada listbox :
Ø Items, sama seperti pada ChckBox, properti ini digunakan untuk menampilkan kotak String Collection Editor, yang digunakan untuk mengisikan daftar pilihan pada ListBox
Ø Name, nama dari komponen ListBox
Ø Sorted, digunakan untuk pengaturan item-item pilihan didalam ComboBox
Ø SelectionMode, digunakan untuk metode pemilihan pada ListBox

¨ Timer
Timer adalah komponen yang biasanya digunakan untuk menentukan waktu kejadian pada rutin program. Properti yang biasanya di ubah pada komponen ini adalah Enabled dan interval.
Contoh Program C#
Berikut ini kita akan membuat program yang digunakan untuk manipulasi string pada TextBox.. Project pertama yang kita buat menggunakan bahasa pemrograman C#. Pada program, pertama ini kita akan membuat sebuah teks pada textbox menjadi huruf besar (Upper) dan huruf kecil (lower) dan dilengkapi sedikit logika program untuk membuat TextBox menjadi aktif dan tidak aktif. Lakukan langkah-langkah berikut untuk membuat program teks ini :
Ø Buat project baru melalui menu File à New à Project
Ø Pilih Project Type Visual C#, Template = Windows Forms Application
Ø Pada Textbox name, CSharp_String
Ø Pilih Browse untuk memilih tempat penyimpanan project dan solution
Ø Pada Textbox Solution, ketikkan String_Text
Ø Pada Form1, atur properti form :

¨ PictureBox
Image adalah komponen yang digunakan untuk menampilkan gambar. Bermmacam-macam format gambar yang bisa ditampilkan melalui komponen ini, seperti bitmap, jpeg, dan lain sebagainya. Komponen ini memiliki sejumlah properti yang biasa dipakai, diantara nya adalah :
Ø BorderStyle, digunakan untuk mengatur bentuk bingkai pada PictureBox
Ø Image, pada property ini terdapat kotak kecil yang apabila di klik akan menampilkan kotak Resource file gambar untuk di pilih. Apabila pada kotak resource masih kosong, pengguna dapat menambahkan dengan mengimport file gambar dari kotak ini
Ø SizeMode, digunakan untuk menentukan ukuran image yang ditampilkan. Pilihan pada SizeMode ini ada limat, yaitu : Normal, StretchImage, AutoSize, CenterImage, dan Zoom

¨ HScrollBar dan VScrollBar
HScrollBar adalah kontrol yang digunakan untuk mengubah data / nilai dengan menggerakkan scroll horizontal. Sedangkan VScrollVBar menggunakan scroll vertikal. Properti yang sering digunakan pada kedua kontrol ini adalah :
Ø Name, yaitu nama untuk HscrollBar atau VScrollBar
Ø Value, nilai dari HscrollBar atau VScrollBar
Ø Maximum, property ini digunakan untuk menentukan nilai maksimum dari HscrollBar atau VScrollBar
Ø Manimum, nilai manimum dari HscrollBar atau VScrollBar

Pejelasan : pada dunia pemrograman dikenal tipe data string yaitu sederetan atau sejumlah karakter yang bisa berupa huruf atau angka. Pada dua program diatas kita telah telah membuat suatu string menjadi huruf besar semua. Untuk merubah suatu string menjadi huruf besar digunakan statement “ToUpper” dan untuk merubah menjadi huruf kecil digunakan statement “ToLower”. Sedangkan untuk mengambil sebagian karakter digunakan perintah “Left” (untuk mengambil sebagian karakter dari kiri), untuk mengambil dari tengah kita gunakan statement “Mid”, dan “Right” digunakan untuk mengambil string dari kanan. Pada C# dapat juga kita gunakan “SubString”

One thought on “Desine pada C# (label, RadioButton, ChekBox, Button, dll)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s