Penyewaan CD, VCD & DVD


GAMBARAN UMUM USAHA

PENYEWAAN CD, VCD, DVD RELIGI & IPTEK

LATAR BELAKANG PEMILIHAN USAHA PENYEWAAN CD, VCD, DVD RELIGI & IPTEK

1. Dalam era teknologi, setiap informasi tidak hanya dapat dinikmati dalam bentuk hardcopy, tetapi juga bisa diperoleh atau dinikmati dengan format softcopy yang lebih menarik, misal dalam bentuk CD, VCD, atau DVD.
2. Tiap orang pasti memerlukan informasi mengenai pendidikan, pengetahuan, dan santapan rohani.
3. Untuk membeli CD, VCD, atau DVD mungkin akan membutuhkan biaya yang lebih besar daripada menyewa CD, VCD, atau DVD, sehingga biaya untuk membeli bisa dialokasikan untuk menyewa dengan kuantitas yang lebih banyak.

KUNCI SUKSES USAHA PENYEWAAN CD, VCD, DVD RELIGI & IPTEK

1. Tempat yang strategis di daerah kampus, sekolah, sekitar perumahan, ataupun di pusat hiburan atau pusat perbelanjaan.
2. Tempat yang nyaman dan bersih.
3. Pelayanan kepada pelanggan yang baik dan memuaskan.
4. Tempat usaha didesain sedemikian rupa, unik, dan menarik pelanggan untuk singgah dan tidak canggung untuk masuk ke tempat usaha.
5. Harga terjangkau.
6. Performa pegawai yang baik (ramah, murah senyum, dan terampil)

LAYANAN ATAU PAKET TAMBAHAN YANG PERLU DISEDIAKAN DALAM USAHA PENYEWAAN CD, VCD, DVD RELIGI & IPTEK
ü Layanan consumer member
Maksimal sewa 5 judul dan akan mendapat kartu member, berikan bonus (misal sewa 3 gratis 1) untuk member supaya para penyewa lebih menyukai menjadi member.

USAHA PENYEWAAN CD, VCD, DVD RELIGI & IPTEK

Yang menjadikan Barbershop Plus ini special ialah kenyamanan konsumen dalam memilih CD, VCD, DVD yang akan disewa, pelayanan yang ramah dan khas, harga sewa yang murah dengan kualitas baik, tersedia secara lengkap berbagai ragam CD, VCD, DVD yang lebih menekankan pada unsur pendidikan, pengetahuan, dan religi. Peralatan-peralatan standar paket usaha penyewaan CD, VCD, DVD Religi dan Iptek yang harus disediakan adalah sebagai berikut :

1. CD, VCD, DVD religi atau iptek (100 judul)
2. Perlengkapan awal promosi (stand banner, brosur, kartu nama, dan sebagainya)
3. Barang cetakan lainnya untuk kebutuhan admin dan keuangan (nota sewa,dan sebagainya)
4. Seragam karyawan (maks. 6 pcs)

LOKASI & RUANG

1. Letak Lokasi
Berada di pinggir jalan utama, di daerah kampus, sekolah, sekitar perumahan, ataupun di pusat hiburan atau pusat perbelanjaan.
2. Standar Kebutuhan Ruang
Luas ruang minimum : (lebar) 3 m x (panjang) 8 m Note: Ukuran panjang dan lebar dapat sebaliknya.

3. Asumsi kebutuhan ruang:

– Ruang display
– Ruang administrasi kasir
– Ruang duduk pelanggan (pada waktu pelanggan memilih CD, VCD, DVD)

LINGKUP KERJA

Lingkup kerja meliputi :

1. Survey :
– Pemetaan pasar
– Persaingan
– Potensi

2. Sistem :
– Pembukuan sederhana
– Siklus kerja
– SOP (Prosedur Standar Operasi)

3. Pelatihan :
– Pelatihan karyawan / Buku panduan pelatihan
– Pengendalian system
– Pemasaran
– Pengamanan & pengendalian usaha

PEDOMAN PELAKSANAAN PEKERJAAN
PENYEWAAN CD, VCD, DVD RELIGI & IPTEK

LANGKAH DASAR

– Penyusunan tim kerja
– Pimpinan proyek
– Disain interior
– Disain graphis
– Sistem dan keuangan
– Lapangan / pembelanjaan
– SDM
– Pemasaran
– Penyusunan time schedule masing-masing bagian

a. Time schedule perencanaan I
– Gambar layout termasuk pengukuran
– Gambar disain interior
– Daftar barang belanjaan yang harus dibeli
– Note: Gambar harus mendapat persetujuan pimpinan

b. Time schedule perencanaan II
– Penentuan nama & tagline usaha
– Gambar disain neonbox / billboard
– Gambar disain stand banner
– Rancangan seragam dan perlengkapannya
– Gambar lain yang diperlukan

Note: Gambar harus mendapat persetujuan pimpinan

c. Time schedule untuk tempat dan barang
– Batas waktu renovasi tempat
– Batas waktu pengadaan peralatan dan perlengkapan

d. Time schedule pelaksanaan
– Eksekusi layout dan disain interior yang telah disetujui
– Eksekusi disain graphis yang telah disetujui
– Pembelian dan penyerahan barang sesuai kontrak
– Pembelian dan penyerahan barang
– Rekruitmen pegawai
– Tes lapangan peralatan dan kesiapan kerja
– Pelatihan karyawan
– SOP keseluruhan
– Pra promosi
– Soft opening
– Promosi
– Grand opening
– Pengawasan
– Penyusunan Anggaran (Budgeting)

Anggaran yang ditetapkan meliputi :
– Anggaran pemesanan disain
– Anggaran transportasi dan akomodasi
– Anggaran pembelian barang

Note: Harus dibuat jadwal pengeluaran dananya sesuai tanggal yang direncanakan
RINCIAN TUGAS

1. BAGIAN DISAIN INTERIOR

a. Gambar layout
– Menentukan alur konsumen, mulai dari masuk hingga selesai
– Menentukan posisi ruang display
– Menentukan posisi ruang kasir (meja admin)
– Menentukan posisi ruang duduk (pada waktu konsumen memilih CD)
– Menentukan posisi perlengkapan pendukung (Radio tape, TV, rak majalah)
– Menentukan posisi tempat penyimpanan peralatan dan perlengkapan
– Menentukan instalasi sesuai standar efisiensi dan kerapihan yang meliputi :

a. Tata lampu

b. Kelistrikan

Note : Dalam menentukan layout harus dipikirkan benar terhadap efisiensi proses kerja, proses gerak, maksimalisasi ruangan, kenyamanan konsumen dalam memilih produk yang didisplay, serta dampak.

b. Gambar disain interior
– Menentukan ukuran-ukuran secara pasti peralatan dan perlengkapan yang akan dibuat serta model yang akan diciptakan (tempat display CD, VCD, DVD; tempat duduk, dan sebagainya)
– Menentukan warna cat ruangan dalam dan luar
– Menentukan ornament-ornamen ruangan yang mendukung

2. BAGIAN DISAIN GRAPHIS

a. Gambar disain graphis
– Menentukan nama usaha serta taglinenya dengan persetujuan pimpinan
– Menentukan disain logo usaha
– Menentukan disain standbanner dan alat promosi internal pendukung
– Menentukan disain billboard / neonsign
– Menentukan disain seragam dan perlengkapannya

b. Desain kebutuhan administrasi
– Nota pembayaran / nota sewa
– Kartu stock barang
– Petty cash reconciliation
– Catatan penerimaan kas harian

3. BAGIAN SISTEM DAN KEUANGAN
– Menentukan prosedur penerimaan
– Menentukan prosedur pelaksanaan kerja
– Menentukan prosedur penerimaan pembayaran
– Menentukan prosedur komplain konsumen
– Menentukan prosedur pembelian kembali stock barang
– Menentukan prosedur perawatan dan penyimpanan produk yang didisplay
– Menentukan prosedur jadwal dan siklus kerja karyawan
– Menentukan prosedur keuangan dan pengamanannya

4. BAGIAN PEMBELIAN DAN LAPANGAN
– Menentukan barang-barang yang menjadi kewajiban perusahaan
– Menentukan anggaran pembelian barang sesuai kontrak
– Melakukan pembelian barang-barang
– Melakukan pemesanan & pembelian barang permintaan disainer interior
– Melakukan pemesanan & pembelian barang permintaan disainer graphis
– Melakukan pengawasan instalasi tempat sesuai disain, baik interior ataupun graphis.

5. BAGIAN SDM
– Melakukan rekruitmen pegawai yang diperlukan
– Melakukan seleksi pegawai
– Melakukan pelatihan pemahaman usaha
– Melakukan pelatihan teknis pekerjaan secara keseluruhan
– Melakukan pelatihan mental & customer satisfaction
– Melakukan kontrol terhadap perkembangan SDM

6. BAGIAN PEMASARAN
– Menentukan strategi pemasaran pra operasi
– Menentukan strategi pemasaran operasi
– Menentukan strategi pemasaran pasca operasi

7. PIMPINAN PROYEK
– Mengawasi secara keseluruhan proses pelaksanaan pekerjaan
– Mempertanggungjawabkan hasil kerja kepada perusahaan
– Mempertanggungjawabkan kinerja keuangan proyek kepada perusahaan
– Mengeksekusi komplain tim proyek
DAFTAR BARANG YANG DIPERLUKAN
Daftar barang yang diperlukan perlu ditentukan sesuai kebutuhan, yang ditetapkan oleh pimpinan proyek.
STANDARD OPERATIONAL PROCEDURE (SOP)
PENYEWAAN CD, VCD, DVD RELIGI & IPTEK
KETENTUAN KARYAWAN

1. Bagian administrasi merangkap kasir
2. Pramuniaga
3. Supervisor (jika diperlukan à dalam kasus ini untuk pembukaan babershop plus yang lebih dari satu dalam satu daerah domisili)

SISTEM KERJA
Dilakukan shift kerja (jika ada) dan rolling tugas agar lebih terkendali dan terkontrol. Jika sistem kerja ditentukan menjadi sistem shift (misal: dua shift), maka perlu diadakan minimal 1 jam untuk dua karyawan tersebut untuk bertemu secara bersamaan, untuk serah terima pekerjaan.

PROSEDUR PENANGANAN PELANGGAN
TAHAP I Penerimaan Pelanggan Dilakukan oleh pramuniaga
1. Konsumen dipersilakan untuk melihat CD, VCD, dan DVD yang didisplay.
2. Jika ada pertanyaan, pramuniaga wajib memberikan penjelasan.
3. Konsumen dipersilahkan untuk menyebutkan atau menulis kode CD, VCD, atau DVD yang akan disewanya.
4. Kemudian pramuniaga wajib membantu mengambilkan CD, VCD, atau DVD yang telah disebutkan atau ditulis oleh konsumen.
5. Pramuniaga menyiapkan nota (yang berisi mengenai kode CD, VCD, atau DVD yang disewa, harga, dan jangka waktu pengembalian).
6. Pramuniaga mempersilakan konsumen menuju ke kasir untuk membayar sewa dan mengambil barang yang disewa.
7. Sebelum menyerahkan CD, VCD, atau DVD yang disewa, sebaiknya CD, VCD, atau DVD diperiksa secara fisik (lempengannya atau optiknya) terlebih dahulu.

TAHAP II Proses Penerimaan Pembayaran Dilakukan oleh bagian administrasi (kasir)

1. Konsumen yang datang ke kasir dilayani dengan ramah.
2. Kasir menyerahkan nota yang sebelumnya telah dibuat.
3. Kasir menerima pembayaran dan memberikan kembaliannya (jika ada).
4. Kasir menyerahkan nota yang telah distempel “LUNAS” disertai dengan ucapan terima kasih dan menunggu kunjungan selanjutnya.

PROSEDUR KOMPLAIN PELANGGAN

Komplain diterima oleh supervisor atau jika supervisor tidak ada diterima oleh pramuniaga.

1. Komplain pengembalian uang pembayaran kurang, segera ditanggapi tanpa alasan apapun dan langsung dicross-check dengan pembukuan. Oleh karena itu sebelum pelanggan pergi, sebaiknya pramuniaga tidak memasukkan uang pembayaran dari konsumen ke laci atau ke tempat penyimpanan uang. Dan waktu menyerahkan uang kembalian, pramuniaga harus memastikan kepada konsumen bahwa uang kembalian yang diserahkan sudah sesuai. Untuk meminimalisir komplain pengembalian uang pembayaran yang kurang, sebaiknya di dekat meja kasir ditempel tulisan yang berbunyi “Sebelum Meninggalkan Tempat, Harap Periksa Uang Kembalian Anda, Terima Kasih”.

2. Komplain kualitas CD, VCD, atau DVD yang kurang buruk (rusak, tidak terbaca, dan sebagainya), segera diganti dengan CD, VCD, atau DVD lainnya. Dan segera diperiksa, apakah CD, VCD, atau DVD tersebut memang rusak atau memang alat yang digunakan konsumen untuk membaca CD, VCD, atau DVD (CD atau DVD ROM, player lainnya) tidak dapat membaca CD, VCD, atau DVD yang disewa.

3. Dalam menangani komplain, diusahakan win-win solution, menghindari kesalahpahaman dengan konsumen dan senantiasa memperhatikan prinsip customer satisfaction.

PROSEDUR PENGADAAN BARANG

1. Pengusaha penyewaan CD wajib menyediakan CD, VCD, DVD yang selalu up to date.
2. Pengadaan dapat melakukan pembelian CD, VCD, DVD supplier yang ditunjuk
3. Pemesanan dilakukan dua minggu sebelum tanggal kirim.

Awalnya si lagi nyari materi untuk tugas SMBD, eh ga sengaja nemu artikel bagus, jadi aku posting aja..

Note ; yang mau kopas silahkan aja. hehe

Sumber : https://virusbarubiru.wordpress.com/

One thought on “Penyewaan CD, VCD & DVD

  1. Hi, i learn your web page often along with that i personal an identical single and i was simply questioning if you get numerous spam comments? If that’s the case how do you forestall it, every plugin or somewhat you may recommend? I am getting so much lately it is driving me mad so some help is fantastically a lot respected. Anyhow, in my language, there will not be a lot high-quality supply resembling this.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s