fungsi RadioButton, ComboBox dan ChekBox pada VB 2010


Selamat datang di blog new choice,. kalian pasti ingin mencari koding C# yang terdapat fasilitas RadioButton dan chek bok,. oke langsung saja kita bahas;

1. RadioButton

Fungsi ini digunakan untuk meminta user agar memilih satu dari lebih dua pilihan, contoh penggunaannya adalah ketika kita mengisi data diri untuk pilihan jenis kelamin,. kalo jenis kelamin pilihannya cuma dua yah, biasanya laki-laki kalo dan perempuan, kalo jenis kelamin anda tidak masuk dari salah satu itu, hahaha saya tidak tau menau, kenapa standar data diri nasional dan internasional tidak menyebutkan jenis kalian,. hahaha🙂 peace mas mba mbroo, cuma bercanda koq, hidup butuh hiburan bener ga?? oa, ada surve yang bilang kalo rata-rata anak yang suka humor otak mereka lebih cerdas dari orang yang suka terlalu serius. ini surve faktanya si tergantung dari individu masing-masing. kembali ke RadioButton pada Gambar 1.1 ada keterang Option 1 sampai Option 4, kalian bisa mengganti nya dengan nama sesua keinginan anda, misal kalo jenis kelamin ya berarti Laki-laki dan Perempuan, eh ngomong-ngomong dari tadi ngomongin jenis kelamin mulu??? hihiih🙂

Gambar 1.1

Gambar 1.1

2. ChekBox

Fungsi ini bisa digunakan untuk memberi pilihan kepada user untuk memilih satu dari beberapa pilihan,, contoh penggunaanntnya misal applikasi di perpustakaan dan combobox ini di gunakan untuk memilih nama pengarang buku,. lihat pada Gambar 1.2 di situ jelas terlihat penggunaannya.

Gambar 1.2

Gambar 1.2

3. chekBox

Check Box mempunyai kegunaan yang hampir sama dengan Radio Button, yaitu untuk memilih beberapa pilihan, berbeda dengan Radio Button yang hanya memilih satu pilihan, pada Check Box pengguana dapat memilih lebih dai satu pilihan. Properti, event pada Check Box hampir sama dengan Radio Button.

Ø  Appearance, untuk menetukan bentuk tampilan dari CheckBox, yaitu dalam bentuk kotak ceklist atau berbentuk tombol..

Ø  Name, menentukan nama CheckBox

Ø  CheckAlign, untuk menentukan posisi teks terhadap kotak ceklist.

Ø  CheckState, untuk status CheckBox pada saat form tampil.

Ø  FlatStyle, bentuk tampilan CheckBox

Ø  Text, teks yang akan ditampilkan pada CheckBox

Ø  TextAlign, digunakan untuk pengaturan posisi teks pada CheckBox

cekbox

Mungkin mata kuliah favorit untuk saat ini masih di pegang oleh ANSI dan PTI, selain Dosen yang mengajar bersahabat cara membawakan  materinya pun santai, jadi terkadang saya sendiri ketiduran dii kelas , hahaha,.

contoh dari penggunaan ketiga fungsi tersebut bisa di gunakan untuk from pembayaran karcis kereta api,.

contoh coding program ;

using System;
using System.Collections.Generic;
using System.ComponentModel;
using System.Data;
using System.Drawing;
using System.Linq;
using System.Text;
using System.Windows.Forms;

namespace WindowsFormsApplication1
{
public partial class frmPemesanan : Form
{
public frmPemesanan()
{
InitializeComponent();
}

private void label2_Click(object sender, EventArgs e)
{

}

private void frmPemesanan_Load(object sender, EventArgs e)
{
cmbKA.Items.Add(“Mutiara Timur”);
cmbKA.Items.Add(“Purwojati”);
cmbKA.Items.Add(“Logawa”);
}

private void cmdProses_Click(object sender, EventArgs e)
{
int harga;
double diskon, total;

if (cmbKA.SelectedItem.ToString() == “Mutiara Timur”)
{
harga = 125000;
}
else if (cmbKA.SelectedItem.ToString() == “Purwojati”)
{
harga = 97500;
}
else
{
harga = 45000;
}
if (uptKaryawan.Checked == true)
{
diskon = 0.1;
}
else
{
diskon = 0;
}
total = (harga * double.Parse(txtJumlah.Text)) – (harga * double.Parse(txtJumlah.Text)
* diskon);
MessageBox.Show(“total bayar = ” + total.ToString() + (“lewih balekna kurang aja njaluk”));
}

}
}

tips ; mending di tulis tangan aja jangan di kopas, kenpa?,, karena semua organ tubuh di salurkan ke otak, apa hubungannya? ketika tangan menulis akan membantu otak mengingat setiap karakter yang kita tulis.

trik ; kalo lagi buru-buru kopas aja..

7 thoughts on “fungsi RadioButton, ComboBox dan ChekBox pada VB 2010

  1. Ping-balik: Menggunakan Scroll View Di Android | BAYU SULYSTYO

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s